Kuliner Malam : Bubur dan Kopi

Wednesday, September 17, 2014

Kuliner malam di daerah Pecenongan, Jakarta.... mana ya? Maklum ga hafal peta, tapi hafal jalan.___.

Jadi tadi malam gue berkuliner di Bubur Kwang Tung, yang konon buka selama 24 jam dan selalu ramai pengunjung. Sejarahnya dulu Kwang Tung ini terkenal dengan penjahit bajunya, setelah itu baru terkenal dengan buburnya. Memang sedikit yang tahu, gue juga baru tahu kok. Sepanjang jalan menuju lokasi ternyata jalanan masih rame dengan mobil, mas ga ke kantor besok? Eniwei, monas ternyata cakep pas malem, oke, bek tu topik.





Hal pertama yang gue liat begitu sampai adalah mobil berjejer disepanjang jalan. Begitu masuk, rame. Iya, rame dan bau wijen. Wait, restoran ini walau basednya Chinese, tapi ada sertifikat halalnya lho.
Si pelayan langsung nyuruh kita naik ke lantai 2, dan ya, masih rame. Dan perut gue 'joget' minta diisi.

Di menunya ada banyak pilihan jenis bubur, ada kepiting, ikan, seafood, ada juga kwetiaw, fu yung hai, dan berbagai makanan khas restoran Chinese. Karena pertama kali kesana jadi gue milih bubur ayam biasa. Well, gue cukup tercengang karena untuk semangkok bubur harganya terbilang 'wow'. Satu mangkok dibandrol dengan harga mulai dari 40 ribu sampai 55 ribu. Tapi! Begitu mesen mas-masnya bilang satu porsi bisa untuk berdua.

What?

Banyak banget dong. Dan gue dipesenin satu mangkok buat sendiri. Sial.

Sambil nunggu buburnya dateng, kita pesen cakwe, yaa rasanya standar cakwe. Gue berusaha ga ngambil terlalu banyak mengingat betapa besarnya porsi yang harus gue habisin sendirian.

Dan si bubur dateng.
Kesan pertama: kok polos?
Iya, bubur polos tanpa cakwe, seledri, kecap, kerupuk atau ayam suwir. Mana ayamnya mas? Ini bubur ayam kan? Begitu gue aduk, dari mangkok yang cukup besar itu ternyata ada potongan ayam yang ngumpet. WAW.

Oke, mari makan.
.
.
.
TOP MARKOTOB TOPMAR SO GUD. Entah mantra apa itu. Yang jelas, ENAK. Bau wijen khas resto ini ternyata berasal dari si bubur. Lucunya si bubur ga coklat, wajarnya kalau dicampur minyak wijen kan agak coklat, tapi ini buburnya tetep putih.
Ayamnya yang segede jempol juga enak, gatau diapain. Kayaknya direbus dalam waktu lama, makannya empuk dan kenyal pas digigit. Gue curiga si ayam direbus utuh soalnya ga hancur.

Intinya itu bubur yang konon buat 2 porsi gue ludesin sendiri. Kenyang. Ga kenyang bukan orang.
Fotonya? Baru inget setelah buburnya habis. HIKS.

Setelah mencerna si bubur mantep ini, gue pikir bakal langsung balik. Weits, salah. Gue diajak ngopi di Phoenam, Lapangan Ros, Tebet. Gue pikir Phoenam temennya Pho24, eh ternyata bukan. Disini gue mesen kopi dengan nama yang cukup aneh: Kopi Susu Phoenam Tipis. Gue suka nyoba hal baru, jadi kenapa kopi unik ini ga gue jajal? :3

Phoenam Kopi Susu Tipis
Hasilnya, 'ini teh susu bukan kopi', well, tipis disini berarti rasa kopinya 'tipis' dan jadinya susu kopi. Rasanya standar, nothing special. Tapi kok rasa si kopi secara overall jadi beneran tipis? I mean, literally. Jadi kayak minum air-- dan rasa asem kopinya ketinggalan di tenggorokan. Hmm, ga terlalu suka. Jadi tetep Green Tea Latte with one-shot coffee dan Cappuccino di Starbucks jadi pilihan favorit gue. Kalo kalian nyari pasti cuma ketemu Green Tea Lattenya aja, soalnya ini menu yang dikasih tau si barista langganan bokap hhehehe.


Jadi begitulah kuliner malam hari ini :D
Overall rating dan alamat bisa dilihat dibawah.
Happy nomnomnom!

Bubur Kwang Tung
Jalan Pecenongan No. 671, Pecenongan, Jakarta Pusat
021-3865688

Food rating: 5/5
Rasa buburnya ngalahin bubur favorit gue sebelumnya di restoran Ta Wan, ini bubur terenak!
Place rating: 3/5
Bersih, pelayanan terbilang cepat walaupun rame, tapi buat tempat sendiri kurang luas. Lantai 2 ternyata ga cukup membantu buat nampung segitu banyak orang yang makan :"3
Price rating: 4/5
Worth it buat bubur dengan rasa dan porsi yang 'wow', tapi ga sanggup rasanya dompet anak kuliahan makan disitu kalau misalkan cuma buat iseng. Jadi ajaklah orang tuamu :>
Overall?
5/5
Nyesel kalo ga nyoba! Rasakan minyak wijen di dalam mulutmu! *slap*



Phoenam
Jalan KH. Abdullah Syafei No. 4, Tebet, Jakarta Selatan
021-8371526

(Rating ini hanya untuk si Kopi susu Phoenam Tipis)
Coffee rating: 2/5
...rasa susunya ga manis, rasa kopinya juga kayak bukan kopi. Mungkin gue salah mesen. Atau karena gue terbiasa minum kopi susu dengan rasa yang agak tajam. Makannya menu ini ga cocok buat gue.
Tapi Kopi Hitam Phoenam menunggu untuk gue coba. Hahahaha!
Place rating: 3/5
Yang doyan smoking bakal betah disini karena disedain smoking area indoor dan full ac terus ada outdoornya juga, sementara perbandingan sama non-smoking areanya 7:3.
Berhubung gue ga ngerokok, jadi tempat ini menurut gue kurang nyaman.
Price rating: 3/5
Overall ngeliat semua harga makan di menunya standar. Nothing special.
Overall?
3/5
Standar.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOG TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS