Why: Japan?

Monday, February 1, 2016

Hai, semuanya!
Untuk topik kali ini aku mau membahas tentang Jepang.
Pernah ga kalian mikir kenapa kalau kita bicara tentang 'the most unique country' yang pertama kali masuk ke pikiran kita adalah Jepang?

Japan Personification Character: Honda Kiku (Hetalia)

Eh, bukan Jepang yang ini... I mean this one!
www.japan-guide.com 
Ya, Jepang adalah Holy Land bagi sebagian orang dengan berbagai alasan. Bisa karena makanannya, gaya hidupnya, budaya, sampai bagaimana cara mereka berpakaian. Dan kenapa sih Jepang ini bisa menyandang predikat sebagai negara ter'unik'?



Berikut beberapa alasan yang mungkin masuk akal dan sedikit 'nyeleneh' versi shockingbanana!

1. Charaben
Siapa disini yang ga kenal sama Bentou? Bentou adalah bekal makan siang ala Jepang yang isinya bervariasi. Biasanya nasi dan lauk pauk 4 sehat 5 sempurna. Tapi apa itu charaben? Charaben hampir mirip seperti bento NAMUN yang membedakannya adalah makan disini dihias sedemikian rupa menyerupai karakter-karakter mulai dari yang imut sampai yang menyeramkan!

semangkaungu.wordpress.com
http://36.media.tumblr.com/tumblr_lhavzsoKRw1qbqn53o1_500.jpg
kasavi.blogspot.com
www.vemale.com
Lucu banget, ya! (Kecuali foto terakhir Q_Q) 
Sayang buat dimakan :") Tapi beberapa orang pasti juga akan bilang:

http://vignette1.wikia.nocookie.net
Yep. Tapi bagi sebagian orang (terutama ibu-ibu rumah tangga) membuat bento unik adalah kesenangan pribadi dan bento tersebut juga sebagai 'alat ukur' serta 'ajang unjuk gigi' untuk melihat seberapa kreatif sang ibu/istri. 



2. Harajuku Fashion
Kalau ngomongin fashion yang 'unik' dan 'engga biasa' Jepang emang gaada yang ngalahin. Mereka punya konsep "Think out of the box" yang luar biasa super. Tapi kalian tahu engga? Fashion 'unik' yang lahir di Harajuku ini adalah sebagai bentuk pemberontakan kaum muda karena Jepang terlalu 'kaku' bagi mereka.


Buatku yang paling keren adalah Minori Asai karena dia mencampurkan budaya "Shironuri" dengan gaya Mori Girl (gadis hutan). Oh, Shironuri itu make up dengan face paint untuk membuat muka kita putih, seperti para Maiko dan Geisha. Aku juga pernah men'shironuri'kan diri tapi... hasilnya malah bikin mukaku kelihatan cowok banget-- Mau jadi cantik malah jadi ganteng HUHUHU Q__Q

Selain Minori, ada juga desainer paling 'pink' sedunia yaitu Kimura U! Kadang-kadang dia suka muncul di salah satu channel Youtube bernama Kawaii Pateen untuk memberikan tutorial kawaii make up~


Masih banyak lagi contoh orang-orang yang berpengaruh dalam Street Fashion di Jepang, tapi karena terlalu banyak jadi kupilih yang gayanya paling 'gila'!

Ki-ka: Decora / Gothic Lolita / Decora
80's fashion Group? Idk what this style called, sorry Q_Q
Punk
Ganguro (PS: Black Diamond adalah salah satu grup yang paling terkenal, lho!
PSS: Kalau mau ngebandingin sama cara make up yang biasa,
cara mereka make up-an itu tergolong susah!)
3. Vocaloid
Akhirnya keluar juga... Vocaloid! Atau voice yang paling dikenal icon waifu sejuta umat adalah Hatsune Miku! Vocaloid adalah voice synthesizer yang memungkinkan kita membuat program ini 'bernyayi' sesuai dengan keinginan kita.
Hatsune Miku
Contoh suara Hatsune Miku bisa kita dengar disi-- TUNGGU DULU! Kayaknya kurang kalau kita dengar suaranya saja, jadi, langsung aja kita ke bagian selanjutnya yaitu:


4. MMD
MMD atau MikuMikuDance adalah aplikasi yang bisa membuat Miku 'menari' sesuai keinginan kita! 

Dan, Hatsune Miku juga pernah menggelar konsernya di Indonesia lho! Kurang unik apa coba? Jepang... Jepang... Ada-ada saja!


5. Commercial Break
CM atau iklan di Jepang juga bisa dibilang 'unik' dan aneh! Kenapa? Coba cek video satu ini!


6. Manga dan Anime
Yang ini sepertinya engga perlu kujelasin panjang lebar karena dari anak kecil sampai orang dewasa pasti mengenal manga (komik) dan anime. Tapi masih ada aja perdebatan panjang tentang anime. Contohnya debat yang engga berguna sama sekali seperti: Anime itu bukan kartun.

Haloooo? Can you here me? I'm in California---
Eh, salah..

Tapi, serius. Perdebatan ini masih berlangsung karena ada beberapa "Weaboo garis keras" yang menganggap anime adalah anime, Bukan kartun. Jadi kalau misalkan aku nanya "Kartun itu bahasa Jepangnya apa?" mereka akan memberikan pasal-pasal weaboo yang 'mencoba' menikung pertanyaan tersebut. Disitu gue merasa... *ambil kapak*

Mending kita nonton Anime Seinto Oniisan atau Thermae Romae untuk menghilangkan stress.

7. Cosplay
Tepat. Jepang bukan Jepang tanpa Cosplay. Pencetus cosplay memang bukan orang Jepang, namun dari Amerika. Tapi nyatanya cosplay menjadi salah satu budaya Pop Culture yang paling digemari. Sebut saja cosplayer sesepuh: Kaname, Reika, serta Hana dan Baozi. Fansnya? Jangan ditanya :D

reika_and_kaname_by_achiko01-d760eb5.jpg (1024×682)
Reika dan Kaname
10541981_487337094744483_6194147866823175582_n.jpg (800×534)
Baozi dan Hana
Dan di Indonesia juga ada cosplayer terkenal seperti Richfield Edbert, Pinky Lu Xun dan Punipun :)

fshblqqyygbdx4rh5pfc.jpg (720×521)
Richfield (Tengah)
top_pinky3.jpg (630×420)
Pinky Lu Xun
Punipun
Aduh, keren-keren ya? Aku mah apa, hanya seonggok kentang :"") /mojok/

8. Semangka berbentuk unik
 

Ini dia inovasi beberapa tahun belakangan di pertanian Jepang! Semangka dengan berbagai bentuk, salah satunya Semangka Kotak! Usut punya usut, semangka ini dibuat dengan cetakan. Jadi, sewaktu masih muda, semangka ini dimasukkan ke dalam kotak akrilik untuk membuat bentuknya sedemikian rupa sampai waktunya panen. Kreatif!

Waduh, jadi long-post ya..? 
Jadi dengan melihat post ini, apa bagaimana perasaan kalian? Seru? Aneh? Kalau menurutku, Jepang adalah negara yang membebaskan kita untuk jadi seseorang yang 'kreatif'. Karena pemerintah Jepang sendiri juga menganggap hal-hal aneh ini sebagai 'pop culture'nya mereka.

Nah, kalau menurut kalian, Jepang itu negara yang seperti apa sih :) ?

Kalau begitu, kali ini sampai disini dulu. Sampai ketemu di post selanjutnya!



Shockingbanana,
xxx

2 comments:

  1. love it!
    Jepang emang unik dari segi manapun.. dari segi budaya & manners mereka juga unik >.<

    ReplyDelete

 
FREE BLOG TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS